Untuk bisa memberikan layanan yang terbaik, ada baiknya
waiter dan waitress menghindari beberapa hal yang sekiranya akan menimbulkan
ketidaksukaan dari pengunjung. Pengunjung
yang datang berkunjung ke restoran anda terdiri dari berbagai macam orang, yang tentunya memiliki berbagai macam karakter. Untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa menimbulkan efek negatif bagi pengunjung restoran anda, perlunya mengetahui hal-hal yang harus dihindari oleh waiter & waitress restoran sebagai berikut :
1. Hindarkan berbau seperti asap (rokok) saat melayani pembeli.
Jika diijinkan istirahat merokok, ikuti dengan mencuci tangan, berkumur mulut dan bila mungkin dekontaminasi pakaian anda dengan twist lemon atau parfum untuk menghilangkan bau asap.
2. Selalu menjaga profesionalitas
Jika ada teman datang untuk mengunjungi, buat percakapan singkat seperlunya.
Dan apabila ada teman berkunjung, perlakukan mereka sewajarnya. Terkecuali jika mereka makan atau melakukan pemesanan hidangan selama lebih dari hanya beberapa menit.
3. Jangan pernah mencoba untuk menyembunyikan kesalahan dari manajemen
Anda hanya akan membuat masalah lebih buruk jika menyembunyikan kesalahan. Secara umum, di sebagian besar restoran, ketika ada pesanan yang salah, manajer biasanya akan segera turun tangan
membenahi kesalahan tersebut – tetapi jika anda tidak mengatakan sesuatu – manajer tidak akan tahu. Mengakuinya segera dan biarkan mereka membantu anda mengatasi situasi.
4. Hindarkan penggunaan wangi wangian yang berlebihan
Jika memakai parfum atau cologne, pastikan tidak pernah memakai terlalu banyak. Ada kalanya pengunjung tertentu kurang menyukai hal tersebut dan bisa berdampak mengurangi minat tamu untuk masuk ke restoran.
5. Jangan sekali-kali menyalahi prosedur atau SOP
Pastikan anda melaksanakan semua prosedur normal dengan cepat dan konsisten. Saat melakukan pekerjaan, upayakan jangan lupa apa pun – misalnya saat membuat teh, pastikan memberikan cangkir, piring, gula dan satu sendok teh.
6. Jangan menyepelekan pelanggan
Tamu yang telah memesan hidangan dan tempat, ada kalanya lebih memilih tiba sebelum hidangan utama mereka. Jika mereka memesan hidangan pembuka dan hidangan utama, pastikan untuk menanyakan apakah mereka ingin menikmatinya sebelum makan mereka, sehingga tamu akan memiliki kesan diperhatikan. Pelajari item lain yang keluar dalam urutan tertentu sehingga dapat menyesuaikan kedatangan mereka sesuai dengan keinginan tamu anda.
yang datang berkunjung ke restoran anda terdiri dari berbagai macam orang, yang tentunya memiliki berbagai macam karakter. Untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa menimbulkan efek negatif bagi pengunjung restoran anda, perlunya mengetahui hal-hal yang harus dihindari oleh waiter & waitress restoran sebagai berikut :
1. Hindarkan berbau seperti asap (rokok) saat melayani pembeli.
Jika diijinkan istirahat merokok, ikuti dengan mencuci tangan, berkumur mulut dan bila mungkin dekontaminasi pakaian anda dengan twist lemon atau parfum untuk menghilangkan bau asap.
2. Selalu menjaga profesionalitas
Jika ada teman datang untuk mengunjungi, buat percakapan singkat seperlunya.
Dan apabila ada teman berkunjung, perlakukan mereka sewajarnya. Terkecuali jika mereka makan atau melakukan pemesanan hidangan selama lebih dari hanya beberapa menit.
3. Jangan pernah mencoba untuk menyembunyikan kesalahan dari manajemen
Anda hanya akan membuat masalah lebih buruk jika menyembunyikan kesalahan. Secara umum, di sebagian besar restoran, ketika ada pesanan yang salah, manajer biasanya akan segera turun tangan
membenahi kesalahan tersebut – tetapi jika anda tidak mengatakan sesuatu – manajer tidak akan tahu. Mengakuinya segera dan biarkan mereka membantu anda mengatasi situasi.
4. Hindarkan penggunaan wangi wangian yang berlebihan
Jika memakai parfum atau cologne, pastikan tidak pernah memakai terlalu banyak. Ada kalanya pengunjung tertentu kurang menyukai hal tersebut dan bisa berdampak mengurangi minat tamu untuk masuk ke restoran.
5. Jangan sekali-kali menyalahi prosedur atau SOP
Pastikan anda melaksanakan semua prosedur normal dengan cepat dan konsisten. Saat melakukan pekerjaan, upayakan jangan lupa apa pun – misalnya saat membuat teh, pastikan memberikan cangkir, piring, gula dan satu sendok teh.
6. Jangan menyepelekan pelanggan
Tamu yang telah memesan hidangan dan tempat, ada kalanya lebih memilih tiba sebelum hidangan utama mereka. Jika mereka memesan hidangan pembuka dan hidangan utama, pastikan untuk menanyakan apakah mereka ingin menikmatinya sebelum makan mereka, sehingga tamu akan memiliki kesan diperhatikan. Pelajari item lain yang keluar dalam urutan tertentu sehingga dapat menyesuaikan kedatangan mereka sesuai dengan keinginan tamu anda.
Hal-hal di atas perlu untuk dihindari, karena server memiliki
peran penting dalam aspek kemampuan restoran untuk mempertahankan dan
mengembangkan basis pelanggan. Pelanggan yang sudah terlanjur berpindah tempat
ke restoran lain akan susah untuk kita bujuk supaya
kembali berkunjung ke restoran anda kembali.
kembali berkunjung ke restoran anda kembali.
sangat membantu..
ReplyDelete